Bingung.. Sedih.. Dilema..

ga tau kudu mulai darimana… semua bermula dari kesalahan nyokap yang menikah dengan seorang pria yang berbeda agama..which is my father.. life were so suck… full of suffering… selama hidupnya, nyokap memiliki suami tapi seperti tidak memiliki suami karena hampir keseluruhan keb hidup was depending on her shoulder till I grew up and work…nyokap agak merasa bisa dibantu begitu juga dengan adek gw yang no 2 yang sempet kerja sebentar. Mom bisa kuat karena ada Tuhan Yesus aja yang menopang…dan cerai adalah HARAM hukumnya.. *jempol* buat nyokap :).

waktu gw move out from Solo to JKT hampir setiap kali gajian gw ga menikmati keseluruhan gaji gw…boro2 nabung deh ya… that money was spent for daily needs… I am helping my mom, couldn’t even think about my future even my wedd day which will cost alot.. I know it for sure but somehow gw berserah ajalah..yang penting hari ini bisa makan, soal itu nanti ajalah…nikah di greja juga jadilah (that was my mind).
sampai dengan hari ini gw masih menopang nyokap walau gak selalu… nama nya guru n suami dah pensiunan masih nanggung 2 anak dan skrg gw n suami masih tinggal sama mereka akibat tragedi kemalingan dlsb…
uang gw pun ga seberapa… dan belakangan nyokap minta gw bantu buat biaya adek gw yang mau training ke Jepang…puji Tuhan nya bulan ini gw bakalan dapet pesangon 3 bulan gaji akibat perusahaan gw dijual ke perusahaan asing. Mungkin inilah yang emang Tuhan sudah rancangkan.. tapi ga semudah itu karena mengambil sebagian uang itu berarti perang sama laki gw…
gw sangat memahami kalau dia berusaha keras untuk saving money untuk keb renov rumah.. tapi kalo kondisi nya begini.. mana bisa gw tutup mata??

kemaren pulang kerja, I saw my dad was sitting on the sofa and ngeliatin buku tab pensiunan nya dia (i’m sure bapak lagi thinking..kali aja ada duit buat nyanguin anak nya ke Jepang) plus nyokap yang bisik2 mau pinjem 3jt karena duit dah tinggal tipis..: “Tolong rin bantuin bisa gak? itu bapakmu dah stres krn merasa gak bisa nyanguin dimas”(sampe disini gw maw cry out loud)… gw emang bakalan dapet uang 3 bulan gaji dan bagi gw ga masalah kalo maw dipinjem 3jt… TAPIII… gw pasti berantem sama laki gw…and yes we got fight…
is it my fault? is it wrong to help my mom? apalagi dia merasa ada bahu lain yang bisa diajak menopang keluarga ini..
emang keluarga gw adalah keluarga yang kacau, adek2 gw kadang seenaknya sendiri, bokap juga main minta2 duit sama nyokap while nyokap duitnya ga seberapa.. segala hal sudah dicoba untuk telling my dad..kalo ga ada duit ga bisa seenaknya minta2 duit.. but..bokap gw walopun rajin sholat tapi dia tidak punya pengharapan dan hidup selalu dibawa stress…
finally gw dan nyokap lah yang mengusahakan ini itu…
sebagai anak yang berhutang budi sama ortunya, selama gw ada uang n bisa bantu… I will help my fam… sanggup gitu ngeliat ortu yang usia nya juga dah beranjak sangat tua, bingung mikir ini itu..padahal gw ada duit..walopun ga seberapa…
ini masih jadi pergumulan gw… krn laki gw belom sevisi sama gw dalam hal ini.. I am sad actually… kadang mikir mendingan ngutang ke orang lain daripada minta duit suami buat ngasih ke ortu gw…

sedih gila gw…banyak yang bilang… banyak yang harus diperbaiki di keluarga mu ga bisa terus2an ngutang..yes we know..tapi apakah dengan begitu gw harus stop untuk memberi ke ortu? menutup mata n telinga kalo mereka butuh? supaya uang gw utuh..tuh..tuh dan bis menabung untuk masa depan gw? :(… itu bukan gw banget…

keluarga yang menurut orang “kacau” inilah yang sudah memberikan kasih sayang buat gw sampe dewasa..dan gw bersyukur apapun itu… disinilah gw belajar mengasihi bokap yang dulu kejam banget sama gw lantaran gw beda agama.. belajar kayak nyokap untuk mengasihi tanpa syarat…dan memberi walau disakiti dan merugi…

Tuhan tolong aku supaya tetap bisa mengasihi keluarga dan suamiku.. :(…

This entry was published on January 8, 2013 at 11:41 and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

